Selasa, 03 Mei 2011

MENYUSUN RENCANA PEMASARAN YANG KUAT

Anda dapat mengembangkan pondasi pemasaran yang kuat oleh:

1. Mendefinisikan produk atau jasa anda

Bagaimana produk atau jasa Anda dikemas? Apa yang pelanggan Anda benar-benar membeli? Anda mungkin menjual alat-alat perangkat lunak berbasis web tapi klien Anda membeli peningkatan produktivitas, peningkatan efisiensi dan penghematan biaya. Dan jika Anda menawarkan beberapa produk atau layanan mana yang paling layak untuk mempromosikan?

2. Mengidentifikasi target pasar Anda

Setiap orang atau siapa pun mungkin klien potensial untuk produk Anda. Namun, Anda mungkin tidak memiliki waktu atau uang ke pasar untuk Semua orang atau Siapa saja.Siapa pelanggan ideal Anda? Siapa yang masuk akal bagi Anda untuk menghabiskan waktu dan uang Anda mempromosikan layanan Anda? Anda mungkin mendefinisikan pelanggan ideal Anda dalam hal pendapatan, usia, wilayah geografis, jumlah karyawan, pendapatan, industri, dll Misalnya terapis pijat mungkin memutuskan target pasar-nya adalah wanita dengan pendapatan rumah tangga sebesar $ 75,000 atau lebih yang tinggal di daerah Uptown.

3. Mengetahui pesaing Anda

Bahkan jika tidak ada pesaing langsung untuk layanan Anda, selalu ada kompetisi semacam. Sesuatu selain produk Anda bersaing untuk uang klien potensial. Apa itu dan mengapa harus pelanggan potensial menghabiskan uangnya dengan Anda bukan? Apa keunggulan kompetitif Anda atau proposisi menjual unik?

4. Menemukan segmen

Apakah ada segmen pasar yang saat ini tidak dilayani atau tidak dilayani dengan baik? Sebuah strategi niche memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya pemasaran Anda dan mendominasi pasar Anda, bahkan jika Anda seorang pemain kecil.

5. Mengembangkan kesadaran

Sulit bagi klien potensial untuk membeli produk atau jasa Anda jika mereka tidak tahu atau ingat itu ada. Umumnya calon pelanggan harus terkena produk Anda 5 sampai 15 kali sebelum mereka cenderung memikirkan produk Anda ketika kebutuhan muncul. Anda harus tinggal di depan klien Anda konsisten jika mereka akan ingat produk Anda ketika kebutuhan yang muncul.

6. Membangun Kredibilitas

Klien tidak hanya harus waspada terhadap produk atau jasa Anda, mereka juga harus memiliki disposisi positif terhadap hal itu. Calon pelanggan harus percaya bahwa Anda akan menyampaikan apa yang Anda katakan Anda akan. Seringkali, terutama dengan pembelian besar atau beresiko, Anda harus memberikan mereka kesempatan untuk "sampel", "touch", atau "rasa" produk dalam beberapa cara. Sebagai contoh, pelatih mungkin mendapatkan kredibilitas dan memungkinkan pelanggan potensial untuk "contoh" produk mereka dengan menawarkan gratis, presentasi yang panjang jam pada topik yang terkait dengan wilayah mereka khusus.

7. Konsisten

Konsistenlah dalam segala hal dan dalam segala hal yang Anda lakukan. Ini termasuk tampilan bahan jaminan Anda, pesan Anda menyampaikan, tingkat pelayanan pelanggan, dan kualitas produk. Menjadi konsisten adalah lebih penting daripada memiliki yang "terbaik" produk. Hal ini sebagian adalah alasan bagi keberhasilan rantai. Apakah Anda akan Little Rock, Arkansas atau New York City, jika Anda memesan kamar di Marriott Courtyard Anda tahu persis apa yang akan Anda dapatkan.

8. Mempertahankan Fokus

Memungkinkan untuk penggunaan yang lebih efektif dari sumber daya yang langka waktu dan uang. Anggaran promosi Anda akan membawa Anda kembali lebih besar jika Anda menggunakannya untuk mempromosikan sebuah produk kepada target pasar yang didefinisikan secara sempit dan jika Anda mempromosikan bahwa produk yang sama dengan target pasar yang sama selama jangka waktu terus menerus.

Sebelum Anda pernah mempertimbangkan untuk mengembangkan brosur, menjalankan iklan, melaksanakan kampanye direct mail, bergabung dengan organisasi untuk jaringan atau bahkan melakukan penjualan panggilan, mulailah dengan pemetaan jalan menuju sukses melalui pengembangan yang konsisten, fokus strategi pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar